Jumat, 24 Juli 2009

resum TQM

RESUME TQM
• Kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yg berhubungan dengan produk,jasa,manusia,proses dan lingikungan yg memenuhi atau melebihi harapan
• TQM merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yg mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produk,jasa,manusia,proses dan lingkungannya
• Karakteristik TQM
1. Fokus pada pelanggan baik internal maupun eksternal
2. Memiliki obsesi yang tinggi thd kualitas
3. Menggunakan pendekatan ilmiah dalam pengmabilan keputusan dan pemecahan masalah
4. Memiliki komitmen jangka panjang
5. Membvutuhkan kerjasama team
6. Memperbaiki proses scr berkesinambungan
7. Menyelenggaarakan pendidikan dan pelatihan
8. Memberikan kebebasan yg terkendali
9. Memiliki kesatuan tujuan
10. Adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan
• Quality Fungcion Deployment ( QFD ) merupakan praktik untuk merancang sautu proses sebagai tanggapan terhadap kebutuhan pelanggan
• Perbedaan TQM dengan manajemen lainnya
1. Asal intelektualnya ( dasar teoritis TQM adalah statistika )
2. Sumber inovasinya ( TQM dihasilkan oleh para pioneer; insinyur teknik industry,ahli fisika )
3. Asal Negara kelahirannya ( kebanyakan dikembangkan dijepang )
• Berdasarkan sumbernya pelatihabn dapat dibedakan menjadi 3 kategori
1. In house atau on site training
2. Eksternal atau outside training
3. Kombinasi keduanya
• Prinsip2 pembelajaran
1. Orang akan belajar sebaik2nya bila mereka siap untuk belajar
2. Orang belajar lebih mudah bila apa yg dipelajari dikaitkan dengan sesuatu yg sudah mereka ketahui
3. Orang belajar sebaiknya sebertahap
4. Orang belajar dengan melakukan ( learning by doing )
5. Semakin serintg bseseorang menggunakan apa yg ia pelajari semakin baik ingatan dan pemahamannya’
6. Sukses dlm belajar cenderung merangsang untukk belajar lebih banyak
7. Orang butuh umpan balik dengan segera dan terus menerus untuk mengetahui apakah mereka telah belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar