Sabtu, 06 Juni 2009

alur SIK di PKM cibitung

SISTEM INFORMASI KESEHATAN
DI PUSKESMAS CIBITUNG KABUPATEN SUKABUMI

Puskesmas Cibitung selalu berupaya agar SPM yang telah ditentukan dapat tercapai dengan baik dan sesuai yang ditargetkan. Harapan dari segala pencapaian akan tersampaikan dengan baik, sehingga dengan berbagai keterbatasan penyampaian informasi/ laporan, system informasi Kesehatan dapat selalu terlaksana setiap bulan,Triwulan, semester dan jenjang Tahunan.

Alur Sistem Informasi Di Puskesmas KAmi adalah sbb.
1. Alur 1
Masy./Klien
Pendaftaran
Dinkes Kab
Rekap Data
LB
Input Data











Masyarakat / Klien datang ke PKM lalu didaftar, di pendaftaran ini akan didapat berbagai data yang dibutuhkan seperti Jenis kunjungan ( Baru/lama ), Kondisi Keluarga, dan kondisi lingkungan. Lalu data diinput ke kartu status juga ke SIMKES. Setelah itu klien dipersilahkan ke ruang periksa dan data penyakit akan terdeteksi, apabila penyakit berbasis lingkungan Klien akan di rujuk ke ruangan Klinik Sanitasi. Selain itu juga Klien akan di rujuk ke ruang Laboratorium sesuai penyakit yang ditemukan dan selanjutnya ke loket Obat.
Data – data yang didapat seperti proses diatas akan diakumulasi setiap Bulannya. Proses perekapan akan dilakukan oleh pendaftaran, programmer ( Promkes , Kesling ( Klinik Sanitasi ),KIA, ISPA Diare, Jiwa, Obat, Lansia dan Laboratorium ).


Rekap di LB

Hasil Rekap dikirim Ke dinkes KAb.


2. Alur 2

UKBM
Programmer
LB
Dinkes Kab

Posyandu, Promkes,KIA,Imunisasi
Posbindu P2M, Yankesus
Poskesdes

Data di dapat dari masyarakat di sarana UKBM
Sampel data dari Posyandu
Hasil dari pendataan kader akan didapat data jumlah Balita 0 – 11 Bln, 12 – 35 Bln dan 36 – 59 Bln.dan juga data KIA. Data akan dinput ke Register – register yang telah disediakan.
Pada proses pelaksanaannya akan diketahui jumlah balita yang datang ke posyandu, Imunisasi Yang diberikan, Kondisi Gizi anak, K1, K4, Linakes, Wus dan Pus.
Berbagai data yang didapat akan diproses oleh Pembina desa lalu akan di sampaikan ke …
Bidko ( Kohort Ibu dan Bayi
LB
DINKES KABUPATEN
Programmer
- Imunisasi
- Kesling
- P2M
- Yankesmas












3. Alur 3
Dilaporkan o/ Masy. Via Phone
KLB
Dinkes Kab
Puskesmas


- Survailans
- Promkes
- Programmer terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar