Sabtu, 06 Juni 2009

SIK

SISTEM INFORMASI KESEHATAN
Suatu kombinasi elemen2 yang bertujuan menghasilkan data dan penyebaran informasi untuk digunakan oleh pelayanan kesehatan disemua tingkat pelaksanaan dan disektor – sector pengembangan yang lain
Tujuan :
melayani manajemen dengan cara meminimalkan ketidakpastian untuk pengambilan keputusan dengan harapan untukmencapai tujuan organisasi
Perangkat SIK
1. Hard ware
2. Sofware
3. Intruktur dan jaringan
4. Brainware
Informasi dalam system informasi kesehatan
1. Informasi manajemen kesehatan
2. Informasi upaya teknis kesehatan
3. Informasi kesehatan untuk masyarakat
4. Informasi IPTEK kesehatan
Masalah Informasi kesehatan di Indonesia
1. Kelemahan aspek organisasi dan tatakerja
2. Kelemahan pengelolaan data dan informasi
3. Sikap terhadap data/info MIS: tdk mampu mengoprasikan computer,malas belajar,masih dipengaruhi tatacara manual
4. Ketersinambungan program
5. Dukungan pengambil keputusan
Elemen dlam SIK
1. SIMPUS; untuk mendukung manajemen klien ( kegiatan dalam gedung )
2. SPTP ( system pelaporan terpadu puskesmas) utk mendukung manjemen unit kesehatan,kegiatan luar gedung
3. SIMKA ( system informasi managemen Kepegawaian )
4. GIS ( Geografis information system )
5. SIMO ( system informasi manajemen obat )
6. PIN ( pecan imunisasi nasional )
7. SIM-KLB ( Sistem informasi managemen kejadian luar biasa berbasis SMS )
Life cycle jaringan ( ada 5 fase )
1. Fase study kelayakan
2. Fase analisis
3. Fase disain
4. Fase implementasi
5. Fase pemeliharaan dan pembaharuan
SIMKES adalah suatu alat organisasi yang bvertujuan utk menghasilkan informasi yg akurat, tepat waaktu, dan dalam bentuk yg sesuai dengan kebutuhan utk mencapai tujuan organisasi tersebutsecara berhasil guna dan berdaya guna
Standar mutu yg telah ditetapkan
1. Menyeluruh
2. Terkoordinasi
3. Terdiri dari subsistem2
4. Integrasi
INFORMASI
Bahan utk komunikasi organisasi
1. Komunikasi intern
• Bagian2 organisasi
• Para pelaksana
2. Komunikasi ekstern
• Lingkungan organisasi
• Stackh holder
• Supplier
• User dll
Bagaimana mengkomunikasikan informasi
• Laporan/ tertulis
• Rapat/pertemuan
• Release/media masa
Jenis laporan
1. Laporan rutin
2. Laporan indicator kunci
3. Laporan panggilan ( on call )
4. Laporan khusus ( ad hoc )
Transformasi data menjadi informasi dilakukan dengan menggunakan berbagai cara
• Meningkatkan produktifitas (System informasi digunakan sbg bahan evaluasi kinerja )
• Standar mutu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar